3 Jan 2013

Hakekat Matematika

  • Dalam Russel dalam Hamzah B. Uno (2009), matematika adalah studi yang dimulai dari pengkajian bagian-bagian yang sangat dikenal (tersusun baik) menuju arah yang tidak dikenal.
  • Dalam Ruseffendi (1988:260), hakekat matematika artinya menguraikan tentang apa matematika itu sebenarnya, apakah matematika itu ilmu deduktif, ilmu induktif, simbol-simbol, ilmu yang abstrak dan sebagainya. Dengan demikian, tanpa mengetahui hakekat matematika kita tidak mungkin dapat memilih strategi untuk pengajaran matematika dengan benar. Begitu pula mengetahui hakekat matematika itu akan membantu kita memilih metode mengajar yang lebih sesuai. Dengan kata lain, penerapan strategi dan metode mengajar itu akan banyak arti bila kita mengetahui hakekat matematika.
  • Menurut Ruseffendi(1980:147), matematika timbul karena fikiran-fikiran manusia, yang berhubungan dengan idea, proses dan penalaran. Matematika terdiri dari 4 wawasan yang luas ialah: aritmatika, aljabar, geometri, dan analisa (analyses).
  • Jadi, dapat disimpulkan hakekat matematika itu akan membantu kita memilih metode mengajar yang dimulai dari pemahaman dari bagian yang sangat dikenal menuju ke bagian tidak dikenal. 

Referensi : 
Uno, Hamzah.B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Kreatif dan Efisien. Bumi Aksara. Jakarta.
Ruseffendi. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito. Hal 260.
Ruseffendi. 1980. Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG. Bandung : 1980. Hal 147.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar